PEMUJA KENGERIAN - Lascarya

Post Top Ad

Friday, September 27, 2019

PEMUJA KENGERIAN

PEMUJA KENGERIAN

"Hiii, aneh-aneh saja kalian ini. Memuja Tuhan kok memilih yang wajahnya seram-seram menakutkan begitu?"

Ia bergidik menatap wajah seram Durga Murti, lalu menjentik batin sahabatnya. Namun sahabat yang dikritisinya hanya tersenyum lembut dan dengan tenang menjawab.

"Ketika bumi panas tersapu angin kemarau yang membakar hutan, kau katakan Ibu Pertiwi marah. Ketika ia basah bermandikan air hujan dan merendam diri setelah lama kering berdebu, kau katakan banjir itu bencana."

"Saat ia gerah oleh uap panas di udara, kau anggap Ibu Pertiwi meradang. Saat ia dingin menggemetarkan tubuh-tubuhmu, kau sebut Ibu menderita."

"Saat ia gersang kehilangan kesuburan, kau sangka Ibu Pertiwi merajuk. Saat ia bergetar melepaskan lahar pembawa kesuburan, kau sebut Ibu Pertiwi bergemuruh murka."

"Setiap wajah indah dan damai pada kehidupan di atas Ibu Pertiwi tak pernah cantik terlihat olehmu. Apalagi saat ia berisi cerita yang kau sebut duka cita, bencana, kehancuran, kau menutup mata pada apa yang kau sebut kengerian."

"Tidak kawan. Begitulah kami diajarkan memuja wajah Ibu yang kau sebut seram, agar kami mampu melihat cinta kasih di baliknya."

"Kami belajar melihat keramahan di balik apa yang kami sangka kemarahan. Belajar mengintip suka cita di balik apa yang dikatakan duka cita. Belajar merasakan anugerah pada apa yang membuat batin merasa gerah."

"Lebih baik kami memuja Ibu yang diwujudkan berwajah seram, namun kami tumbuh menjadi anak-anak yang berhati cinta kasih. Daripada kami memuja wajah Tuhan yang dikatakan penuh cinta kasih, namun kami selalu bertindak penuh kebencian dan angkaramurka pada kehidupan dan anak-anak semesta-Nya."

Ia tersentak pada jawaban sahabatnya, lalu menoleh kembali pada wajah seram itu. Perlahan air matanya berat menggantung, membuat wajahnya tertunduk dalam khusyuk. Menangislah ia terduduk di altar Sang Ibu yang kini tampak menyiram kasih dari balik wajah nan seram.

Oleh W.Mustika

1 comment:

Terima Kasih Tuhan...
Selalu Bersyukur dalam semua keadaan
Lascarya

Post Top Ad