Acintya DIA YANG DIBAYANGKAN [ Suwung ] - Lascarya

Post Top Ad

Monday, August 26, 2019

Acintya DIA YANG DIBAYANGKAN [ Suwung ]

DIA YANG DIBAYANGKAN
[ Suwung ]

Ditengah kemelutnya dunia medsos dan hujatan tentang Agama serta menyinggung keyakinan saya jadi teringat dengan obrolan saya dengan kakek sendiri.

Kegemaran kakek yang suka menulis aksara bali dalam daun lontar menyebabkan beliau kebanyakan merenung, sehingga pada suatu sore beliau berbincang ringan karena saya iseng bertanya tentang sebuah gambar di gedong pemujaanya.
Gambar itu berupa rerajahan berbentuk Acintya.

" Tak terpikirkan, tak mampu di bayangkan, tak mampu di jangkau oleh pikiran begitu pekak saya ( kakek) mengatakan kepada saya, di usia yg lanjut beliau menekankan, bagaima lantas pikiranmu bisa memikirkan Tuhan, jikapun mampu pasti tak sempurna atau akan muncul pertanyaan apakah benar wujudnya seperti ini atau itu?....

---- lebih lanjut pekak saya mengatakan yakinlah (sradha) Tuhan itu ada dan jangan tebak rupanya seperti apa..jika kamu terus membayangkan gambaran Tuhan bisa buduh nyanan ( bisa gila ).
Dan sambil ngemil tembakau di bibirnya pekak menepuk pundak saya lagi sambil bertanya kepada saya, darimana kamu tau gambaran Tuhan?...dari pikiran pekak, lalu apakah kamu membaca dari sastra-satra?...ya sahut saya, terus sudahkah kamu bertemu langsung denganya?...belum! sang kakek terkekeh tertawa sambil memperbaiki tembakau di bibirnya dan sesekali menggosok giginya dari tembakau.

Jika kamu belum pernah ketemu wujudnya jangan diskusi tentang Tuhan, jangan pula terlalu percaya kepada orang-orang yang mengatakan bahwa dirinya sudah bertemu atau utusan Tuhan,...jika kamu Yakin adanya Tuhan itu sudah cukup, jangan perdebatkan sesuatu yang tak tampak biar tidak seperti anjing merebutkan kentut.
Belajar menjadi manusia baik, itu sudah bagus karena kehidupan ini berjalan terus.

Gambaran acintya artinya Tuhan tanpa atribut, tanpa lebel buatan manusia, beliau utuh tanpa disentuh, jadi beliau lebih tepatnya adalah "suwung", tegasnya.

Salam Rahayu
*Dari Berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Tuhan...
Selalu Bersyukur dalam semua keadaan
Lascarya

Post Top Ad