Zona Nyaman, Zona Yang Berbahaya - Lascarya

Post Top Ad

Sunday, March 10, 2019

Zona Nyaman, Zona Yang Berbahaya

Untuk mencapai kesuksesan yang Anda impikan, salah satu hal yang mungkin harus Anda lakukan adalah keluar dari zona nyaman. Banyak orang sukses di dunia ini juga mengawalinya dengan terlebih dahulu keluar dari zona nyaman mereka. Zona nyaman adalah suatu keadaan dimana Anda merasa aman, nyaman, dan rileks dengan apa yang telah Anda miliki. Dan sesungguhnya hal ini sangatlah berbahaya untuk cita-cita dan mimpi Anda. Seperti apa bahaya zona nyaman tersebut



1. Zona nyaman menghalangi pertumbuhan
Ketika berada di zona nyaman, kebanyakan orang akan merasa puas dan aman, dua perilaku uang bisa menyebabkan kita menutup diri terhadap perubahan dan perkembangan. Banyak yang takut bahwa perubahan tersebut akan membawa ketidaknyamanan dalam hidup mereka. Dan ketakutan akan perubahan ini akan menghalangi pertumbuhan dan kemajuan. Dan pada akhirnya, kita tidak bisa bertumbuh.

2. Zona nyaman membawa Anda pada kesulitan
Kita tahu bahwa kehidupan terus berubah dan jika kita tidak mau keluar dari zona nyaman, maka kita tidak akan pernah tumbuh dan akhirnya akan menjadi usang. Dan jika Anda tidak berubah, Anda akan terus mengalami penurunan. Keadaan hidup Anda mungkin akan tetap normal, atau memburuk. Orang sukses mengembangkan kehidupan mereka dengan mengambil risiko dan bertindak out of the box.

3. Zona nyaman menyebabkan kebosanan dan ketidakpuasan
Ketidakmampuan untuk keluar dari zona nyaman akan menghasilkan banyak efek negatif. Yang pertama adalah kurangnya perkembangan dalam hidup. Dan kurangnya perkembangan ini akan membawa kesulitan dalam hidup, yang kemudian akan berujung pada rasa bosan dan kurang puas. Dan akhirnya, kita akan terus menerus terbebani oleh kehidupan.

4. Zona nyaman memicu pola pikir negatif
Efek berantai berikutnya dari hidup yang terlalu nyaman adalah kemalasan yang menyebabkan pola pikir dan sikap yang negatif. Pikiran yang menganggur akan menciptakan sikap dan keadaan negatif. Karena Anda merasa tidak puas, Anda memiliki kecenderungan besar terhinggapi emosi negatif dan pikiran negatif.

5. Zona nyaman menyebabkan kurangnya semangat dan tujuan
Hidup di zona nyaman membuat kita tidak memiliki semangat dan tujuan karena setiap hari kita melakukan hal sama yang biasanya kita lakukan dan mengharapkan hal yang biasanya kita terima. Dengan demikian, kita tidak akan melihat hal spesial dari hidup dan hari-hari kita.

6. Zona nyaman membuat kita kehilangan kesempatan
Orang yang sukses meraih kesuksesan karena mereka selalu berusaha untuk meraih kesempatan. Ketika Anda berada di zona nyaman, Anda hanya menunggu segala hal untuk terjadi. Dengan keadaan yang terlalu nyaman, Anda akan tertinggal.

Keluar dari Zona Nyaman artinya Memperbaiki Diri
Zona nyaman akan dirasakan justru saat ada peluang perbaikan. Misalnya Anda ingin meningkatkan penghasilan. Setelah Anda belajar, ternyata untuk meningkatkan penghasilan, Anda harus melakukan berbagai hal yang lebih banyak, lebih sulit, dan lebih beresiko.

Baik disadari maupun dalam pikiran bawah sadar, munculah keengganan untuk melakukan itu semua dan memlih apa yang sudah bisa dan biasa Anda lakukan. Akhirnya penghasilan Anda pun tetap tidak naik.

Inilah salah satu gambaran atau ilustrasi bahaya dari zona nyaman. Bahkan ada yang lebih bahaya dari itu. Kita harusnya sadar bahwa persaingan dan perubahan terus terjadi. Jika kita tidak berusaha memperbaiki diri, maka kita akan tertinggal dan tersisih. Bukan hanya tidak menang, justru malah “didiskualifikasi” karena Anda sudah tidak layak berada di arena pertarungan.

Jadi, jika Anda mau memperbaiki diri, langkah pertama adalah mau keluar dari zona nyaman!

Kalau Begitu Menjadi Tidak Nyaman?
Saya menyebutnya Anda menuju Zona Sukses, bukan Zona Tidak Nyaman. Ya tentu saja, Anda akan merasa sesuatu yang tidak nyaman. Tapi itu dalam proses. Tidak nyaman hanya terjadi dalam prosesnya, sementara tujuannya adalah meraih sukses atau perbaikan diri.

Sebenarnya istilah tidak nyaman itu datang dari mindset para orang yang tidak mau berubah. Baik sadar atau tidak, dia menganggap usaha itu tidak nyaman. Misalnya, beberapa hal yang mereka anggap tidak nyaman:

mengerjakan sesuatu yang baru
mengerjakan hal yang tidak biasa
mengerjakan hal yang belum bisa
bekerja lebih keras
bekerja lebih lama
berkerja lebih cerdas
ada resiko menanti
Dan mereka menganggap semua itu tidak nyaman, sehingga mereka lebih memilih yang nyaman saja.

Masalahnya jika Anda ingin lebih baik atau lebih sukses, hal-hal yang “tidak nyaman” itu tetap harus dilakukan atau Anda tetap tidak berubah.

Zona Nyaman Dalam Bisnis dan Karyawan
Setelah kita mengenal apa itu zona nyaman, kita bisa fahami bahwa terjebak di Zona Nyaman bisa terjadi pada siapa pun baik dalam bisnis maupun karyawan. Jadi zona nyaman itu tidak identik dengan karyawan, bagi pebisnis pun bisa terjebak zona nyaman.

Zona nyaman dalam bisnis seperti seorang pebisnis yang dia hanya memilih tindakan-tindakan yang sudah bisa dan biasa dia lakukan. Padahal untuk memenangkan persaingan bisnis dan mengembangkan atau menumbuhkan bisnis, Anda harus melakukan banyak hal, Anda harus keluar Zona Nyaman.

Begitu juga bagi karyawan, betah zona nyaman di zona nyaman bukan hanya berarti dia ingin terus jadi karyawan, tetapi termasuk dia tidak mau melakukan hal-hal yang akan membawa dia ke posisi yang lebih baik. Katanya, “yang penting tidak di PHK”. Dia hanya melakukan apa yang dia bisa dan biasa saja.

Jika terus berada di zona nyaman, baik dalam bisnis maupun bekerja, maka akan sulit meraih sukses atau perbaikan.

Bagaimana Cara Melawan atau Keluar Dari Zona Nyaman?

Pembahasan Mengatasi Zona Nyaman Akan di bahas diposting selanjutnya..
See U

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Tuhan...
Selalu Bersyukur dalam semua keadaan
Lascarya

Post Top Ad