Tri kerangka agama Hindu - Lascarya

Post Top Ad

Wednesday, February 27, 2019

Tri kerangka agama Hindu

Agama yang kita anut adalah Agama Hindu
Sebagai halnya rumah, demikian pula Agama Hindu pun sendiri mempunyai kerangka dasar
Yang berjumlah tiga.
Mengenai hakikat kehidupan dalam agama Hindu disebut Tattwa
2.  Tuntunan etika  dalam kehidupan, dalam agama Hindu disebut Susila
3. Tata cara pelaksanaan ibadah atau bakti, dalam Hindu disebut bhakti Upakara / Upacara

Tattwa (Filsafat)
Tattwa adalah filsafat tentang Tuhan, tetapi tattwa memiliki dimensi lain yang tidak didapatkan dalam filsafat, yaitu keyakinan. Filsafat merupakan pergumulan pemikiran yang tidak pernah final, tetapi tattwa adalah pemikiran filsafat yang akhirnya harus diyakini kebenarannya. Oleh sebab itu dalam terminologi Hindu, kata tattwa tidak dapat didefinisikan sebagai filsafat ,tetapi lebih tepat didefinisikan sebagai dasar keyakinan Agama Hindu. Sebagai dasar keyakinan Hindu, tattwa mencakup lima hal yang disebut Panca Sradha (Widhi tattwa, Atmatattwa, Karmaphala tattwa,Punarbhawa tattwa, dan Moksa tattwa).




2. Susila (Etika)
Sementara itu susila berasal dari kata ”su” dan ”sila”. Su berarti baik, dan sila berarti dasar, perilaku atau tindakan. Secara umum susila diartikan sama dengan kata ”etika”. Definisi ini kurang lebih tepat karena susila bukan hanya berbicara mengenai ajaran moral atau cara berperilaku yang baik, tetapi juga berbicara mengenai landasan filosofis yang mendasari suatu perbuatan baik harus dilakukan. Bandingkan dengan kata ”etika” yang berarti filsafat moral. Sebaliknya, kata ”moral” berarti ajaran tentang tingkah laku yang baik. Perbuatan ”membunuh” misalnya, secara moral tindakan membunuh dilarang untuk dilakukan, tetapi ”etika” memberikan landasan bahwa tidak semua tindakan membunuh adalah dilarang. Tindakan membunuh yang dilarang adalah ketika didasari oleh rasa kebencian dan kemarahan, sebaliknya membunuh bagi seorang tentara dalam sebuah peperangan dibenarkan secara etika.
Sampai di sini jelas bahwa antara ”moral” dan ”etika” dibedakan secara konseptual. Moral selalu menjadi bagian dari etika, tetapi etika belum tentu masalah moral karena etika berbicara tentang ”perilaku baik” yang harus dilakukan manusia dalam aspek-aspek kehidupan yang lebih luas. Moral adalah etika-etika khusus yang berlaku dalam skup tertentu. Etika Hindu, etika Islam, etika Kristen, etika Bali, etika Jawa, etika bisnis dan seterusnya merupakan ajaran moral yang dianjurkan oleh masing-masing institusi tertentu, baik institusi agama maupun institusi sosial. Suatu tindakan yang dianggap bermoral di suatu komunitas, belum tentu bermoral di komunitas yang lain. Merujuk pada perbedaan definisi di atas, terminologi kata ”susila” lebih tepat diterjemahkan dalam kata etika karena memberikan landasan suatu perbuatan. Perintah Sri Khrisna kepada Arjuna untuk membunuh Guru-gurunya secara moral tidak dapat dibenarkan karena tindakan membunuh terlarang dilakukan. Akan tetapi secara etika hal itu dibenarkan karena melenyapkan kejahatan adalah kewajiban dari seorang ksatrya.

Upacara atau acara
Acara yang memiliki pengertian : (1) Kelakuan, tindak-tanduk, atau kelakuan baik dalam pelaksanaan agama Hindu; (2) adat atau suatu praktik dalam pelaksanaan agama Hindu; dan (3) peraturan yang telah mantap dalam pelaksanaan Agama Hindu. Dan dalam penerapan acara ini di landasi oleh yajna

Yadnya adalah suatu persembahan suci yang dilaksanakan dengan ikhlas karena getaran jiwa/ rohani dalam kehidupan ini berdasarkan dharma, sesuai ajaran sastra suci Hindu yang ada (Weda). Banayak hal meliputi yajna seperti yajna waktu, rasa, perasaan,bhakti, dana, pemikiran, hingga fisik. Dalam penjabaranya di jawabarkan memaluipanca yajna.



Dalam pelaksnananya Tri kerangka agama Hindu ini menjadi satu kesatuan yang utuh. Untuk memudahkan pemahaman, disini dapat dinyatakan bahwa :
1.  Dalam memahami dan melaksanakan Tattwa patut bersusila dan berupacara,
2.  Dalam memahami dan melaksanakan susila patut bertattwa dan berupacara
3.  Dalam memahami dan melaksanakan upacara patut bertattwa dan bersusila

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Tuhan...
Selalu Bersyukur dalam semua keadaan
Lascarya

Post Top Ad