Tari Belibis - Lascarya

Post Top Ad

Sunday, February 24, 2019

Tari Belibis

PENCIPTA TARI BELIBIS

Tari belibis diciptakan pada tahun 1984 oleh N.L.N. SwasthiWijaya Bandem (koreografer) dan I Nyoman Windha (komposer).



Tari Belibis berdasarkan pengelompokanya dimasukan kedalam “tari kelompok”, karena ditarikan lebih dari 3 orang penari. Tari ini merupakan tari yang berfungsi sebagai tari pertunjukan yang sengaja digarap untuk dipertontonkan kepada masyarakat luas, karena tari ini lebih menitik beratkan pada segi artistiknya, penggarapan koreografinya yang matang, serta memiliki tema dan tujuan yang jelas.




Tari kreasi baru ini, menggambarkan kecanitkan dan keindahan burung belibis yang dengan riangnya mereka menikmati keindahan alam sekitarnya. Tema tarian ini diambil dari ceritra Raja Angling Dharma yang dikutuk oleh istrinya yang sakti menjadi seekor burung belibis. Setelah Raja Angling Dharma menjadi burung belibis, ia kemudian melakukan pengembaraan untuk dapat bersua dengan kelompok burung belibis lainya. 
Kemudian ia melihat sekelompok burung belibis yang sedang bercanda dengan riang, lalu timbulah keinginanya untuk dapat bergabung dengan belibis – belibis itu. Tetapi pada saat Raja Angling Dharma mendekati sekelompok burung belibis itu, mereka tiba- tiba terkejut mendengar Raja Angling Dharma yang telah dikutuk menjadi belibis itu berbicara seperti manusia, sehingga mereka menolaknya untuk dapat bergabung dengan mereka. Sekelompok burung belibis itu kemudian pergi dan meninggalkan Raja Angling Dharma sendiri.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Tuhan...
Selalu Bersyukur dalam semua keadaan
Lascarya

Post Top Ad