Pasraman Dalam Hindu - Pengertian Pasraman - Lascarya

Post Top Ad

Sunday, February 24, 2019

Pasraman Dalam Hindu - Pengertian Pasraman

Pasraman  Dalam Hindu

Fungsi Tujuan Pasraman
Sasaran Pasraman
Visi Misi Pasraman
Bentuk Pasraman

Pengertian Pasraman
            Kata “Pasraman” berasal dari kata “Asrama” (sering di tulis dan di baca Ashram) yang artinya tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Pendidikan pasraman menekankan pada displin diri, pengembangan budhi pekerti dan welas asih. Konsep pasraman yang berkembang sekarang di adobsi dari sistem pendidikan Hindu jaman dahulu di India, sistem asram menggambarkan hubungan yang akrab antara para guru ( acarya ) dengan para murid (sisya), bagaikan dalam sebuah keluarga. Olehh karena itu sistem ini juga di kenal dengan sistem pendidikan  Gurukula. Beberapa anak didik tinggal di Pasraman bersama para guru sebagai anggota keluarga. Dan para guru bertindak sebagai orang tua siswa sendiri.

            Proses pendidikan di Pasraman dari masa lampau ini masih tetap berlangsung sampa saat ini di kenal pula dengan istilah lain yakni Sampradaya  atau  Parampara, yang di Jawa dan di Bali di kenal dengan istilah  Padepokan atan Aguron-guron.
            Kini di Indonesia muncul dan berkembang banyak Pasraman untuk mengantisipasi permasalahan yang di hadapi oleh umat Hindu. Utamanya adalah masalah pendidikan agama Hindu di Bali dan di luar Bali, karena ketebatasan guru agama Hindu, maka pendidikan agama Hindu yang tidak  diperoleh di sekolah-sekolah pada umumnya, para siswa bersangkutan dapat mengikuti pendidikan agama Hindu melaui lembaga Pasraman ini.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Tuhan...
Selalu Bersyukur dalam semua keadaan
Lascarya

Post Top Ad