Mulat Sarira Cara Hidup Bahagia - Lascarya

Post Top Ad

Monday, February 25, 2019

Mulat Sarira Cara Hidup Bahagia

Mulat Sarira Cara Hidup Bahagia

Hal yang penting perlu di ingat ketika orang tua Bali mengintruksikan, bahwa pendidikan di sekolah tidak lain adalah untuk membenahi diri, melajahin dewek, karena kahir suatu pendidikan adalah budi pekerti. diajarkan kita mengikuti langkah langkah mahajana ( roh - roh mulia ). Dalam gemilang pengetahuan material cenderung melihat kuman di seberang lautan, gajah di peluuk mata tidak nampak. Karena berpandang diri adalah badan dan tidak meneukan roh dan Tuhan serta hubungan sang roh dengan Tuhan.
Dengan pendidikan mempersamakan diri dengan badan kita akan seperti lalat yang suka pada tempat-tempat atau hal-hal yang kotor namun kalau kita cerdas hendaknya kita insyaf diri, introfeksi diri. seprti halnya lebah yang selalu mencari madu dalam hdupnya hingggap di anatara bunga-bunga yang harum. dengan pelayanan bhakti  kepada Guru dan Tuhan kita akan bersih di dalam dan di luar melenyapkan kotoran-kotoran yang ada di hati. Inilah cara hidup pencaharian masyarakat yang sejadi apa adanya.



Kemulyaan mulat sarira, melajahin dewek yakni kita lebih leluasa memperbaiki diri sendiri dari pada memperbaiki orang lain terlebih dahulu kita sendiri harus baik. Kita diajarkan selalu mengagungkan Guru dan Tuhan, kalau tidak demikian kita akan selalu membanggakan diri dan mudah menjelekan orang lain. kesombongan menghancurkan segala-galanya, kebanggaan akan membawa kita lupa pada kedudukan dasar kita sebagai pelayan Tuhan.
Adalah karunia melihat selalu kelemahan diri dan kebaikan diri orang lain. kesempurnaan hidup hanya dirinya yang pertama baru orang lain. Maka jika ada orang yang menjelekannya dialah teman sesungguhnya. Orang yang melihat kebesaran Tuhan, apabila dia terlihat dalam keburukan maka ia salahkan dirinya sendiri dan hal kebaikan terjadi dia akan mensyukuri sebagai karunia Tuhan Pada dasarnya selalu bersifat memberi.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Tuhan...
Selalu Bersyukur dalam semua keadaan
Lascarya

Post Top Ad